Posted on Leave a comment

6 Aturan Minum Kopi Bagi Penderita Sakit Mag

Ngopi Penderita Mag

Minum kopi di pagi hari sering jadi rutinitas yang dilakukan oleh beberapa orang. Katanya, dengan minum kopi, produktivitas akan meningkat dan jadi nggak mudah lemas. Sayangnya, nggak semua orang kuat meminumnya. Sebab, kandungan kafeinnya mampu meningkatkan asam lambung yang mana nggak baik untuk penderita mag.

Sebenarnya kamu nggak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kandungan asam pada kopi. Kamu yang punya sakit mag, nggak perlu khawatir lagi deh.

1. Pilih biji kopi arabika yang rendah kafein

Nggak cuma kafeinnya, kadar asam pada kopi arabica jauh lebih rendah daripada kopi robusta. Supaya lebih aman, kamu juga bisa menggunakan biji kopi yang melalui proses roasting atau dipanggang lebih cepat. Proses pemanggangan ini bisa mengurangi kadar asam dan kafein yang tinggi.

2. Gunakan teknik seduh manual brew

Kopi yang diseduh secara manual umumnya memakai filter untuk menyaring kopi. Filter ini bisa menyeleksi karakter-karakter baik dari kopi yang bukan hanya membuat karakter aslinya keluar. Nggak cuma itu, proses ini pun menjadikan kopi jauh lebih ringan karena proses ekstraksi yang rata-rata hanya sekitar 2-3 menit.

3. Tambah susu untuk mengurangi asamnya

Protein dari susu murni bisa berinteraksi dengan sejumlah senyawa dalam kopi yang mampu mendorong naiknya asam lambung ke kerongkongan. Baiknya, pilihlah kopi susu rendah lemak dan non gula supaya nggak memicu lemak tubuh, ya!

4. Batasi porsinya

Batas aman konsumsi kafein setiap hari ialah 100-200 mg saja. Nah, segelas kopi biasanya mengandung 100 mg kafein. Jadi, kamu hanya diperbolehkan untuk minum kopi satu sampai dua gelas saja ya setiap harinya.

5. Minum selesai makan

Kandungan asam dalam kopi tetap bisa membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Untuk itu, baiknya minumlah kopi minimal satu jam setelah makan. Atau, kamu juga bisa minum kopi sambil melahap makanan ringan.

6. Minum air putih selesai ngopi

Salah satu cara termudah untuk mencegah asam lambung naik ialah dengan mengencerkan kopi di perutmu. Untuk itu, minumlah segelas air putih untuk menetralisir efek kafein dari kopi yang kamu minum.

Cara-cara di atas memang bisa meminimalisir efek kopi yang bikin asam lambung naik, namun bukan berarti kamu bisa terus-terusan minum kopi setiap hari. Jika tubuh mulai gemetar dan perut sakit, baiknya hentikan dulu konsumsi kopimu selama beberapa hari. Hal ini dilakukan untuk menentralisir kandungan asam pada lambungmu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *