Posted on Leave a comment

Kopi

Kopi merupakan minuman yang sangat digemari oleh masyarakat sejak lama, itu terjadi di semua belahan dunia. Selain cita rasanya yang spesial, aroma yang sedap, kopi juga sangat menjajikan buat usaha. Mulai dari petani kopi itu sendiri, para toke, dan pengusaha-pengusaha warung kopi yg sekarang telah banyak menjamur di tengah-tengah rakyat.

Salah satu kopi terbaik yang pernah ada di dunia ini dari dari dataran tinggi gayo, tepatnya di Takengon, Aceh Tengah. Hal ini sudah diakui oleh segenap para pecinta kopi baik berasal Indonesia juga dari seluruh dunia. Pemasaran kopi ini sudah terbang hingga ke Amerika, Jerman, Turki, dan negara-negara besar lainnya. Yg paling menarik lagi ialah kopi dari gayo ini telah masuk pada daftar list berasal gerai kopi terbesar di dunia yaitu starbucks coffee. Namun masih belum bisa memberikan kesejahteraan yg baik bagi para petani.

Aneka macam varietas kopi tumbuh pada gayo, aneka macam jenis. Mirip kopi ateng, kopi timtim, yang termasuk dalam jenis kopi arabika. Jua ada kopi robusta yg telah jarang dijumpai di gayo, sebab rakyat telah mulai beralih ke tanaman kopi jenis arabika yg lebih menjanjikan serta mempunyai prospek yg baik.

Longberry dan peaberry ialah jenis kopi arabika yg memiliki rasa yang sangat mantap, selain ringan dilidah, pula tidak membentuk perut kembung. Longberry ialah jenis kopi arabika yg memiliki jenis biji panjang. Sedangkan peaberry artinya jenis “kopi jantan” masyarakat menyebutnya begitu. Karena kopi ini hanya terdapat satu pada setiap balutan kulit kopi tersebut, orang zaman dulu menyebutnya kopi stigma. Biasanya kopi memiliki 2 biji disetiap balutan kulit, namun ini hanya 1. Peaberry biasanya didapat dari yang akan terjadi penyortiran para toke kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *