Posted on Leave a comment

Manfaat Ampas Kopi Bagi Kita

Seberapa sering kamu minum kopi dalam sehari? 2 kali? 3 kali? Kalau saya biasanya 2 kali dalam sehari. Lalu berapa banyak ampas kopi yang terpakai ketika kamu menyeduh kopi? 30 gram? 45 gram? Jika kamu minum kopi 2 kali dalam sehari, dan sekali minum kopi menggunakan 15 gram kopi, maka total ampas kopi yang kamu hasilkan dalam sehari yaitu 30 gram.

Pernahkah kamu berpikir untuk memanfaatkan ampas kopi tersebut untuk hal lain dari pada hanya berakhir di tempat sampah? Kali ini kopitem ingin memberikan tips memanfaatkan ampas kopi di kehidupan sehari-hari.

Berikut 5 tips memanfaatkan ampas kopi di kehidupan sehari-hari:

  1. Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Salah satu manfaat ampas kopi adalah menghilangkan bau tidak sedap yang ada di rumah. Nah biasanya freezer lemari es sering menjadi tempat yang dihinggapi bau tidak sedap. Maka tidak ada salahnya kamu menggunakan ampas kopi untuk menghilangkan bau tidak sedap tersebut.

Kamu bisa meletakkan ampas kopi di sebuah wadah yang tahan terhadap suhu dingin. Banyaknya ampas kopi bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Biasanya bau tidak sedap tersebut akan menghilang dalam waktu kurang dari sehari.

Selain di freezer lemari es, kamar mandi juga menjadi tempat yang terkadang menimbulkan bau tidak sedap. Kamu bisa menyiapkan sehelai kain kemudian diisi dengan ampas kopi secukupnya, dan gantung di kamar mandi. Voila, bau tidak sedap di kamar mandi akan hilang.

  1. Membersihkan Debu di dalam Rumah

Pernahkah kamu merasakan kesulitan ketika menyapu debu di dalam rumah, karena debu tersebut kerap berterbangan? Nah, ampas kopi bisa membantu kamu. Ternyata ampas kopi yang sudah dikeringkan bisa membantu kita untuk tetap menjaga agar debu tidak berterbangan.

Caranya juga cukup mudah, taburkan ampas kopi yang sudah dikeringkan di sudut-sudut rumah yang berdebu, maka debu tersebut akan lebih mudah disapu karena tidak akan berterbangan. Yuk kita coba.

  1. Membasmi Semut

Manfaat ampas kopi ketiga yaitu ampas kopi bisa dipakai untuk membasmi semut. Tidak percaya?

Semut sering kali muncul di sisi dapur atau di sela-sela meja makan dan alat dapur dikarenakan adanya sisa makanan. Dari pada kamu menggunakan cairan pembersih serangga yang mengandung bahan kimia, kenapa tidak memanfaatkan ampas kopi?

Caranya cukup dengan menaburkan ampas kopi di sisi atau di sela-sela dapur dan meja makan yang sering didatangi semut, maka semut akan “malas” untuk datang lagi. Ternyata semut tidak menyukai bau kopi yang cukup menyengat.
Cukup mudah bukan?

  1. Menghilangkan Goresan pada Kayu

Punya perabotan rumah tangga dari kayu tapi sudah banyak tergores baik sengaja dan tidak sengaja? Coba hilangkan goresan tersebut menggunakan ampas kopi. Yap, manfaat ampas kopi selanjutnya ialah menghilangkan goresan pada kayu.

Bagaimana caranya? Gunakan ampas kopi sisa minum kopi di pagi hari, siapkan cotton bud sebagai alat bantu untuk mengoleskan ampas kopi pada perabotan kayu. Bubuhkan ampas kopi pada bagian perabot kayu yang terkena goresan, lalu biarkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian bersihkan ampas kopi dengan kain bersih. Dan lihat hasilnya, apakah goresannya hilang?

Jika goresannya belum hilang, kamu bisa mengulangi langkah yang tadi sekali lagi. Perlu diingat goresan yang bisa dihilangkan oleh cara ini adalah goresan yang belum terlalu dalam.

  1. Membersihkan Alat Dapur

Manfaat ampas kopi kelima adalah bisa dipakai untuk membersihkan alat dapur. Pernah merasakan kesulitan ketika membersihkan noda membandel pada alat dapur di rumah kamu? Nah tidak ada salahnya kamu mencoba menggunakan ampas kopi untuk membersihkannya.

Bagaimana caranya? Kamu bisa menggosokkan spons cucian piring yang sudah dibubuhi ampas kopi ke noda membandel tersebut. Tekstur sedikit kasar yang ada pada ampas kopi itu akan membantu membersihkan noda membandel tersebut.
Dari kelima tips diatas, adakah yang sudah pernah kamu lakukan? atau kamu punya tips lain yang biasa kamu lakukan dan akan berguna bagi pecinta kopi lainnya? Yuk sharing pengalaman kamu.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.
Salam kopi.

Sumber: Baca Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *