Posted on Leave a comment

Menulik Roast Level Untuk CitaRasa Kopi

Roast dan Citarasa

Warna adalah salah satu ciri paling menonjol yang bisa Anda cermati ketika membeli kopi. Ada kopi yang berwarna terang dan ada pula yang lebih gelap. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan roasting level. Istilah roast level dapat didefinisikan sebagai perbedaan tingkat sangrai yang menghasilkan beberapa variasi karakter kopi. Secara garis besar, ada 3 roast level yang biasanya paling sering Anda lihat atau dengar, yaitu lightmedium, dan dark.

Biji kopi mentah yang belum disangrai memiliki tekstur yang lembut, dengan aroma seperti rumput segar dan sedikit atau bahkan tanpa rasa. Ketika proses sangrai berlangsung, biji kopi mentah akan berubah menjadi biji kopi yang cita rasanya khas, beraroma, dan renyah. Karakteristik tersebut merupakan ciri khas yang Anda kenali saat membeli kopi whole beans. Apa pengaruh roast level terhadap karakteristik kopi yang akan Anda minum? Mari simak penjelasan berikut ini.

1. Light Roast

Pada roasting level ini, biji kopi biasanya berwarna coklat muda terang, light body, dan tidak terdapat minyak pada permukaan bijinya. Light roasted beans biasanya menghasilkan kopi yang rasanya seperti gandum panggang renyah dan tingkat keasamannya lebih tinggi dibandingkan tingkat sangrai lainnya. Selain karakter rasa kopinya yang lebih kaya dan kompleks, kandungan kafein pada tingkatan roasting ini juga lebih banyak. Roasting level ini juga dikenal dengan beberapa istilah lain, seperti Half CityLight CityNew England, atau Cinnamon.

2. Medium Roast

Proses roasting medium membuat biji kopi berwarna lebih coklat dibandingkan light roast. Serupa dengan tingkat sangrai light roast, tingkatan ini juga tidak menimbulkan minyak pada permukaan biji kopi. Namun, medium roast menghasilkan karakter rasa kopi yang lebih seimbang dari sisi aroma, kompleksitas rasa dan tingkat keasaman. Kadar kafein pada kopi yang disangrai pada tingkatan medium roast ini agak sedikit lebih rendah dibandingkan light roast. Pada umumnya, inilah roasting level yang paling sering Anda jumpai saat membeli biji kopi di kafe. Istilah lain untuk medium roast adalah CityBreakfastRegular, dan American.

3. Dark Roast

Biji kopi akan berwarna coklat gelap atau bahkan hampir berwarna hitam pada roasting level ini. Kopi dark roast memiliki permukaan yang sangat berminyak. Sehingga minyak tersebut akan tampak jelas pada permukaan kopi ketika kopi diseduh. Kopi yang disangrai sampai tingkatan ini umumnya memiliki karakter rasa pahit, cita rasanya beraroma asap (smoky) dan body terasa lebih tebal. Kadar kafein pada kopi ini jauh lebih rendah dibandingkan light roast dan medium roast.

Roast level bisa Anda jadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan saat membeli kopi. Namun, sebaiknya tidak dijadikan pertimbangan utama karena ada berbagai hal-hal penting lain yang patut Anda perhatikan. Unsur lain seperti proses pasca panen atau daerah asal biasanya memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap karakteristik kopi ketimbang roast level.

Inilah yang mempengaruhi citarasa dan aroma khasnya kopi, anda tinggal atur selera 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *